Musisi Yang Meninggal Di Usia 27 Tahun

27 Club

27 Club adalah istilah yang diberikan oleh beberapa majalah musik, koran, dan jurnal untuk musisi yang meninggal di usia 27 tahun. Karena entah mengapa, begitu banyak musisi dari seluruh dunia yang meninggal di usia yang terbilang masih muda itu. 

Musisi yang tergabung dalam 27 Club diantaranya adalah Alexandre Levy, Louis Chauvin, Robert Johnson, Nat Jaffe, Jesse Belvin, Rudy Lewis, Joe Henderson, Malcolm Hale, Dickie Pride, Brian Jones, Alexandra, Alan Wilson, Janis Joplin, Arlester Christian, Linda Jones, Leslie HarveyMay, Ron McKernan, Roger Lee Durham, Wallace Yohn, Dave Alexander, Gary Thain, Cecilia, Helmut Köllen, Chris Bell, Zenon De Fleur, Jacob Miller, D. Boon, Alexander Bashlachev, Jean-Michel Basquiat, Pete de Freitas, Dimitar Voev, Mia Zapata, Kristen Pfaff, Stretch, Fat Pat, Freaky Tah, Kami, Rodrigo Bueno, Sean Patrick McCabe, Maria Serrano Serrano, Jeremy Michael Ward, Bryan Ottoson, Valentín Elizalde, Richard Turner, Nicole Bogner, Soroush Farazmand, Slađa Guduraš, dan Tomas Lowe.

Penyebab kematian musisi yang tergabung dalam 27 Club bermacam-macam. Dari mulai overdosis obat, alkohol, narkotika, kecelakaan, dibunuh, sampai bunuh diri. Charles R. Cross, penulis biografi Kurt Cobain dan Jimi Hendrix mengatakan: 
"The number of musicians who died at 27 is truly remarkable by any standard. [Although] humans die regularly at all ages, there is a statistical spike for musicians who die at 27."

Dibawah ini adalah para musisi 27 Club yang karya dan kematiannya mempengaruhi publik, industri musik, dan budaya di dunia.

Jim Morrison
8 Desember 1943 - 3 Juli 1971

Morrison adalah vokalis band rock asal Amerika Serikat, The Doors. Ia juga yang menulis lirik lagu-lagu The Doors. Kharisma, musik, kepribadian, aksi panggung, dan kisah hidupnya membuatnya menjadi salah satu ikon musik rock yang berpengaruh. 

The Doors mulai tenar setelah melakukan kontrak dengan Elektra Records pada tahun 1967. Single Light My Fire duduk di peringkat satu Billboard Hot 100 chart selama tiga minggu di bulan Juli / Agustus 1967. Selanjutnya, The Doors tampil di The Ed Sullivan Show, acara televisi di Amerika yang sebelumnya telah menampilkan Elvis Presley dan The Beatles.

Morrison ditemukan tak bernyawa di bak mandi apartemennya di Paris oleh kekasihnya, Pemela Courson. Penyebab resmi kematian mencatat ia gagal jantung, namun tidak ada otopsi yang dilakukan. Hal tersebut meninggalkan banyak pertanyaan mengenai penyebab kematian Morrison. Ada banyak teori konspirasi seputar kematian Morrison, namun semuanya tidak didukung oleh bukti yang kuat. Manager The Doors, Danny Sugerman mengatakan bahwa Morrison meninggal akibat penyalahgunaan zat.

Kurt Cobain
20 Februari 1967 - 5 April 1994

Cobain adalah vokalis dan gitaris band rock asal Amerika Serikat, Nirvana. Ia juga yang menulis lirik lagu-lagu Nirvana. Lewat single Smells Like Teen Spirit yang terdapat di album kedua berjudul Nevermind (1991), Nirvana mulai dikenal publik secara luas. Cobain biasanya menulis lirik beberapa menit sebelum lagu direkam. Ia mengatakan:
"When I write a song the lyrics are the least important subject. I can go through two or three different subjects in a song and the title can mean absolutely nothing at all".

Beberapa tahun sebelum kematiannya, Cobain kecanduan heroin dan mengalami depresi. Ia menghadapi tekanan pekerjaan dan kehidupan pribadinya. Ia pun kesulitan menjalani hidup sebagai orang terkenal. Cobain ditemukan tewas pada tanggal 8 April 1994 di rumahnya di Seattle. Sertifikat kematian Cobain menyatakan bahwa ia bunuh diri dan meninggal akibat luka tembak di kepalanya. Laporan tersebut memperkirakan bahwa Cobain telah meninggal sejak tanggal 5 April 1994. 

Jimi Hendrix
27 November 1942 - 18 September 1970

Hendrix adalah gitaris rock, penyanyi, dan penulis lagu yang berasal dari Amerika. Meskipun karier cemerlangnya hanya berlangsung selama empat tahun, namun ia dianggap sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh. Saat berkarier di Inggris, Hendrix membentuk band The Jimi Hendrix Experience. Dua single pertama mereka yang berjudul Hey Joe dan Purple Haze sukses di pasaran.

Pada 4 Juni 1967, Hendrix mengadakan pertunjukan di Saville Theatre di London. Dimana ia membawakan lagu The Beatles yang berjudul Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band. Dua anggota The Beatles, yaitu George Harrison dan Paul McCartney menonton penampilan Hendrix saat itu. McCartney menggambarkan momen itu:
"The curtains flew back and he came walking forward playing 'Sgt. Pepper'. It's a pretty major compliment in anyone's book. I put that down as one of the great honors of my career."

Hendrix menghabiskan waktu bersama Monika Dannemann di hari-hari terakhirnya. Dannemann merupakan satu-satunya saksi kematian Hendrix. Hendrix menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit St Mary Abbot, London. Setelah dilakukan post-mortem examination pada tubuh Hendrix, ia dinyatakan meninggal akibat kombinasi red wine dan obat penenang. Dannemann kemudian mengungkapkan bahwa Hendrix menelan sembilan tablet Vesparax.

Richey Edwards ?
22 Desember 1967, menghilang sejak 1 Februari 1995

Edwards adalah gitaris dan penulis lirik lagu band rock asal Wales, Manic Street Preachers. Ia terkenal karena intelektualitasnya dalam menciptakan lirik-lirik lagu tentang alienasi, politik, selebriti, eksploitasi wanita, dan gaya hidup konsumtif. Ia merupakan salah satu penulis lirik lagu terbaik sepanjang masa. Lirik lagu yang diciptakan Edwards saat ia masih bersama Manic Street Preachers diantaranya adalah Motorcycle Emptiness, Archives of Pain, Faster, dan From Despair to Where.

Edwards menghilang pada 1 Februari 1995. Tepat di hari ketika ia akan terbang ke Amerika untuk melakukan tur pertama Manic Street Preachers di negara tersebut. Dua minggu sebelum menghilang, Edwards menarik £ 200 per hari dari rekening bank hingga mencapai £ 2.800 di hari ia menghilang. Pada 14 Februari 1995, mobil Vauxhall Cavalier Edwards tercatat mendapatkan tiket parkir di Severn View service station. Dan pada 17 Februari, mobil tersebut dilaporkan terbengkalai. Karena dekatnya jarak antara service station dan jembatan Severn, yang terkenal sebagai tempat bunuh diri, maka Edwards diyakini bunuh diri dengan lompat dari jembatan tersebut. Namun, hingga saat ini jasad Edward belum berhasil ditemukan. Beberapa orang mengaku pernah melihat sosok Edwards masih hidup, namun belum ada yang dapat membuktikannya. Walaupun demikian, pada 23 November 2008, Edwards secara resmi dinyatakan telah meninggal dunia.

Pada 18 May 2009, Manic Street Preachers merilis album ke 9 yang berjudul Journal for Plague Lovers. Seluruh lirik pada setiap lagu yang terdapat di album tersebut dibuat oleh Richey Edwards sebelum ia menghilang. Ini menjadikan Jornal for Plague Lovers sebagai satu satunya album Manic Street Preachers yang seluruh lirik lagunya ditulis oleh Richey Edwards.

Pete Ham
27 April 1947 - 24 April 1975

Ham adalah vokalis, gitaris, dan penulis lagu band rock asal Inggris, Badfinger. Bersama Badfinger, ia menciptakan lagu yang berjudul Without You. Lagu tersebut menjadi hit saat dinyanyikan oleh Harry Nilsson dan selanjutnya di cover oleh banyak penyanyi. Cover lagu Without You yang paling terkenal adalah versi Mariah Carey.

Badfinger berhasil menyita perhatian The Beatles karena kepiawaian mereka membuat lagu dan menulis liriknya. Sampai akhirnya keempat personel The Beatles menyetujui Badfinger untuk berada dalam naungan Apple Records, label rekaman yang dikuasai oleh The Beatles. Ham juga mendampingi salah satu personel The Beatles, George Harrison yang menyanyikan lagu Here Comes The Sun saat tampil di Concert for Bangladesh pada tahun 1971.

Saat berada dalam naungan Warner Bros Records antara tahun 1973-75, Badfinger memiliki banyak masalah internal, keuangan, dan manajerial yang mempengaruhi produktivitas bermusik mereka. Tahun 1975, karena tidak adanya pendapatan dan tidak adanya komunikasi dengan manager Badfinger, Ham menjadi putus asa dan akhirnya gantung diri di garasi rumahnya di Surrey, Inggris. Ia meninggalkan catatan:
"I will not be allowed to love and trust everybody. This is better."
Ham juga menulis sesuatu tentang Stan Polley, manager Badfinger:
"P.S. Stan Polley is a soulless bastard. I will take him with me."

Amy Winehouse
14 September 1983 - 23 Juli 2011

Winehouse adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Inggris. Ia dikenal memiliki vokal contralto dan campuran beberapa genre musik, seperti soul, blues, dan jazz. Album pertama Winehouse yang berjudul Frank (2003) sukses di Inggris. Album selanjutnya, Back to Black (2006), memenangkan lima kategori dalam Grammy Awards 2008. Hal tersebut membuatnya menjadi penyanyi wanita pertama yang memenangkan banyak kategori Grammy dalam sehari dan menjadi wanita Inggris pertama yang memenangkan lima kategori Grammy.

Winehouse meninggal karena keracunan alkohol. Bodyguard-nya mengatakan bahwa ia ada di kediaman Winehouse tiga hari sebelum kematiannya dan melihatnya agak mabuk. Ia juga melihat Winehouse minum minuman keras selama beberapa hari sebelum kematiannya.